Selasa, 02 Oktober 2012

 Oversize 50
Kondisi mesin yang lumayan parah, tenaga sudah hilang, mesin terbatuk-batuk, sulit di nyalakan, oli sering habis, bunyi mesin kasar, knalpot berasap bau dan perih dimata membuat pemilik starlet ini jadi miris padahal mobil ini adalah mobil kesayanga. Bimbang antara swap engine 4E-FTE atau rekondisi mesin orisinal starlet, itu yang pertama dilontarkan oleh pemilik starlet kotak 1.0 XL ini. Setelah beberapa kali konsultasi dan pertimbangan baik dari segi biaya dan waktu, ternyata rekondisi mesin starlet 1.000cc ini jauh lebih murah dan jauh lebih cepat dibandingkan dengan swap engine mesin turbo. Alhasil pemiliknya akhirnya memutuskan untuk me-rekondisi starlet yang sudah berumur 23 tahun ini.

Oversize vs Overboss
Terdapat dua pilihan dalam me-rekondisi mesin toyota starlet yaitu oversize dan overboss. Oversize berarti mengganti piston lebih besar dari diameter standard, sedangkan overboss adalah mengganti liner dengan diameter ukuran standard. Kelebihan oversize adalah kekuatan dan hasil yang didapat mendekati kondisi baru mesin seperti sediakala, sedangkan overboss mengembalikan piston ke dalam ukuran standard kembali. Kekurangan oversize adalah biaya yang lebih mahal karena semua parts piston set hingga metal harus diganti semua. Sedangkan overboss masih bisa menggunakan piston lama dan hanya mengganti ring set saja sehingga biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah.

Kerugian Overboss
Penggantian liner akan membuat kekuatan mesin berkurang, dan resiko liner tidak center/lurus sering terjadi, dan ini akan akibatkan setang bengkok atau piston macet, selain itu juga karena piston tidak diganti, suara mesin akan tetap kasar dan tenaga yang dihasilkan tidak bisa maksimal. Biasanya overboss terpaksa dipilih bila oversize blok mesin sudah mencapai ukuran maksimal yaitu 100.

Keuntungan Oversize
Karena ukuran yang sudah ditentukan oleh pabriknya, ukuran oversize toyota starlet hanya memiliki 2 tingkatan yaitu oversize 50 dan oversize 100. Dikarenakan pabrikan telah menyediakan ukuran oversize yang sudah ditentukan, maka hasil yang didapatkan adalah mesin akan kembali presisi antar piston dengan dinding slinder, hasilnya suara mesin lebih halus dan tenaga pasti bisa lebih maksimal seperti mobil baru.

Pengerjaan turun mesin ini memakan waktu 1 minggu, mulai dari penurunan mesin hingga perakitan hingga kondisi mesin kembali hidup.


Beginilah kondisi mesin yang baru saja diturunkan dari kabin mesin.


Seluruh komponen mesin termasuk gearbox dan as roda juga ikut dibongkar.



Kondisi kabin mesin yang sudah diturunkan.


Blok mesin, kruk as, piston dan setang piston siap dibawa ketukang bubut untuk proses oversizing 50


Kondisi pistion yang sudah tua terlihat hitam juga bantalan kruk as terlihat sudah baret-baret sehingga metal jalan dan duduk ikut di ganti dengan ukuran 25. sedangkan metal bulan dibiarkan dengan ukuran standard.


Kondisi blok mesin terlihat jelas dan baret pada bagian metal duduk dan metal jalan


Kepala Slinder dibersihkan termasuk membersihkan lubang-lubang yang ditutupi kerak.


Setelah dibersihkan seluruh lubang ditiup kompresor untuk bersihkan sisa kerak yang menempel.


Parts mesin merupakan komponen vital, jadi seluruh parts wajib menggunakan parts orisinal toyota.


Sitting Klep/Skir Klep manual dengan tangan, proses ini harus dilakukan agar klep dapat menutup dengan sempurna saat mesin sedang bekerja, akan memaksimalkan kompresi dan tenaga yang dikeluarkan.


Komponen Kopling Set ikut diganti dengan Parts Orisinal Toyota, guna mendukung kinerja mesin yang maksimal/


Selesai dibersihkan dan sitting klep, kepala slinder dirakit kembali seperti semula.


Kondisi blok mesin setelah proses bubut oversize 50


Kondisi Piston dan Slinder setelah proses bubut oversize 50


Pemasangan Ring Piston Set.


Kopling Set merupakan parts pendukung tenaga mesin maksimal hingga ke roda.


Pemasangan Piston ke blok mesin setelah pemasangan Ring Piston Set.


Pengencangan mur-mur metal jalan, metal duduk, metal bulan dengan kunci torsi.


Kondisi blok mesin setelah rekondisi piston dan metal


Kabin mesin ikut dibersihkan agar bersih dan segar.


Perakitan kopling set dan parts mesin lain.


Penempatan paking kepala slinder dilakukan dengan teliti cegah kebocoran kompresi.


Pemasangan Kepala Slinder


Pemasangan Timing Belt, Cover dan Engine Mounting.


Pengecekan akhir keseluruhan mesin sebelum dinaikan kembali.


Mesin sudah lengkap dirakit beserga gearbox dan siap dinaikan.


Kondisi mesin setelah dinaikan dan sudah dihidupkan selama 6 jam.

Untuk hasil yang maskimal sangat dianjurkan melakukan indreyen hingga 1.000km untuk memastikan bagian mesin menapak dengan sempurna pada bagian masing-masing metal. Indreyen artinya mobil tidak boleh melaju diatas kecepatan 80km/h. atau putaran mesin tidak boleh lebih dari 3500rpm. terutama untuk 500 kilometer pertama.

Bagi starleters yang ingin konsultasi mengenai rekondisi mesin toyota starlet silahkan hubungi starno.

Salam Starleters,
Starno72
021-32929696 <

12 komentar:

  1. Mantap bro....mobil ane juga lgi turun ni bro...cuman bingung mau overbos atau korter ni...kira2 bagusan mana ya

    BalasHapus
  2. Bro mau tanya ni...kira2 tempat bubut yang bagus untuk korter di daerah jakarta dimana ya....pleasss....trims

    BalasHapus
  3. Mantap bro....mobil ane juga lgi turun ni bro...cuman bingung mau overbos atau korter ni...kira2 bagusan mana ya

    BalasHapus
  4. Mending oversize bg
    Agak sedikit boros tpi tenaga dapat dan awet

    BalasHapus
  5. Mobil saya sdh overhul 75 tapi minta di koter lagi karna biyaya koter mahal saya ngak koter saya akali megunakan ring seher standar dan sdh tidak lagi betasap dan tenaga kebali normal lgy qra"ad pegaruh ngak..?

    BalasHapus
  6. Mobil saya sdh overhul 75 tapi minta di koter lagi karna biyaya koter mahal saya ngak koter saya akali megunakan ring seher standar dan sdh tidak lagi betasap dan tenaga kebali normal lgy qra"ad pegaruh ngak..?

    BalasHapus
  7. Kalau oversis 100 dikembalikan kestandard kira2 apa pengaruhnya dan dijamin gk ada masalahkah

    BalasHapus
  8. Bro mau tanya ni...starlet saya berasap banget bau sangat menyengat apa yang harus saya lakukan bengkel starlet yang bagus dimana?.... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebbnya bisa ring piston udah aus atw juga bisa silk klepnya udah rusak. Harus turun mesin kyknya om..

      Hapus
  9. Mobil saya avanza thn 2011 proses sedang turun mesin dan uda mau d oversaiz.apaka setelah di oversais mobil msi bisa bthan lma.dan nyaman untuk di pakai.ttmksihšŸ™

    BalasHapus
  10. Maaf ni gan waktu itu mobil sy ngebul sy kira seal klepnya trs sy gnt seal klep eh ternyata msh ngebul juga klo kata montirnya sehernya udah agak Oblak cuma sy lupa tanya klo mau ganti sehernya atau ring sehernya,klo sy lihat blok sehernya ga ada baret

    BalasHapus
  11. Maaf gan, mobil saya avanza baru selesai turun mesin dan lagi independen.. Tapi keluhannya mesin nglitik waktu akselerasi kenapa ya? Mohon pencerahannya trims..

    BalasHapus